Gimana Ya Cara Mengatur Anak Dan Gadget?

28778 views Leave a comment
pixabay.com

Zaman sekarang siapa yang tidak kenal dengan yang namanya gadget yah, orang dewasa saja, bisa betah pegang handphone, apalagi anak-anak. Mungkin di mata mereka handphone semacam benda yang bisa membuat mereka senang karena seperti mainan. Fungsi handphone yang pada awalnya hanya sebagai alat untuk berkomunikasi pun berubah fungsinya menjadi alat hiburan juga, karena di dalamnya sudah dilengkapi berbagai aplikasi yang bisa membuat pemilik handphone bisa melakukan ini dan itu.

Game HP

Handphone tanpa game saja sudah sangat menari bagi anak-anak, karena bisa dipijit, menyala, ada suara, ada gambar. Apalagi jika di dalamnya ada game, didukung dengan mudahnya untuk bisa mendownload berbagai macam permainan saat ini begitu mudah. Bahkan tak sedikit anak yang pandai melakukannya sendiri.

Sebagian orangtua merasa terbantu dengan keberadaan handphone dan game yang ada di dalamnya. Sebagian lagi khawatir karena banyak anak yang kemudian menjadi kecanduan untuk terus bermain dengan gadgetnya, sampai lupa makan, dan lupa kalau mereka punya teman untuk berinteraksi.

Mengendalikan HP

Tidak bisa dipungkiri, sebagian oangtua terkadang meminta anaknya untuk tidak banyak memegang dan bermain HP, tapi sendirinya hampir setiap berapa lama, menghampiri dan melihat HP, kemudian untuk beberapa saat terkadang lupa keberadaan sekitarnya, asyik dengan aktifitas yang ada di HP, baik itu hanya sekedar untuk melihat grup chat di Whatsapp, atau melihat media social.

Anak sedikit banyak mencontoh apa yang dilakukan orangtuanya, atau membiasakan apa yang dibiasakan orangtuanya. Tanpa disadari terkadang orangtua memilih untuk membuat anak menjadi tenang, dengan memberinya HP ketimbang mendengar ringikan anak untuk minta ini dan itu.

Bagaimana pun teknologi memang akan terus berkembang, mungkin saja kedepannya bisa lebih canggih dari saat ini. Apapun itu akan selalu ada dampak positif dan negatifnya. Begitu juga dengan gadget dan game. Karena bagaimana pun menjadi bagian dari perkembangan ilmu pengetahuan, jadi tidak bisa menjauhinya, mungkin sebaiknya belajar untuk mengendalikannya. Kapan harus menggunakannya, kapan harus tidak menggunakannya.

Karena apapun jika dilakukan berlebihan pasti akan kurang baik dampaknya. Oleh karena itu, dalam Islam tidak suka sesuatu yang berlebih-lebihan.

(Visited 1 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]
RELATED ITEMS